Kutu Anjing (Tick) dan Pengendaliannya

Kutu Anjing (Tick) dan Pengendaliannya

Kutu Anjing (tick) Sebagai Ektoparasit

Ektoparasit merupakan parasit yang hidup di permukaan tubuh inang dan menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya pada inangnya. 

Tick tergolong dalam famili ixodidae dan ordo Acarina. Merupakan pengkonsumsi darah dan dekat dengan famili tungau atau mite.

Arti Ekonomi Kutu Anjing (tick)

Ticks selain dapat menularkan penyakit juga menimbulkan gangguan berupa gigitan. Gigitan ini mengakibatkan benjol dan kemerahan dan gatal.  Beragam spesies tick mampu menularkan Rocky Mountain spotted fever, Relapsing fever, Texas fiver, Fowl fiver.

Biologi Kutu Anjing (Tick)

Ticks adalah hama yang kuat, dimana dewasanya dapat bertahan hidup selama 1-2 tahun tanpa mengkonsumsi darah. Terdapat 4 stadia dalam siklus hidupnya.

Telur Kutu Anjing (Tick)

Telur tick sangat kecil dan berkelompok dalam jumlah besar kurang lebih 400-500 dalam satu kelompoknya. Beberapa ribu telur dierami oleh seekor betina. Telur-telur ini diletakkan dalam celah-celah dan bagian retak, dibawah kulit kayu, rumput-rumputan atau pada tanaman hortikultura. Di dalam bangunan, telur-telur ini diletakkan dalam tempat tidur hewan peliharaan, dalam celah atau bagian retak pada lantai/dinding, laci dan mebel, atau di sepanjang tepian karpet.

Larva Kutu Anjing (tick)

Larva berukuran sangat kecil, kurang lebih setara kepala jarum. Larva hampir tidak berwarna, tetapi setelah menghisap darah akan berwarna abu-abu kebiruan. Larva ini dapat dibedakan dari stadia hidup aktif lainnya karena hanya memiliki enam kaki. Larva stadia ini seringkali disebut “benih tick”.

Nimfa Kutu Anjing (tick)

Nimfa yang belum makan berwarna coklat kuning pucat dan akan berwarna abu-abu setelah menghisap darah. Nimfa berkaki delapan dan mirip dengan dewasanya.

Imago Kutu Anjing (tick)

Ukuran tick jantan dan betina yang sudah matang seksual sebelum makan kurang lebih 0.12-0.18 inci. Tubuh pejantan sepenuhnya dilapisi semacam pelindung seperti piringan, sementara piringan pada tick betina yang belum matang seksual hanya menutupi area kecil tepat di belakang kepala.

Siklus hidup bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya. Tick anjing coklat hidup selama 2-6 bulan, sementara spesies lainnya dapat bertahan hingga 2-4 tahun.

Habitat dan Lokasi Sarang Kutu Anjing (tick)

Semua spesies kutu anjing (tick) hidup dalam udara terbuka, di sekitar halaman, semak, lapangan dan kayu-kayuan. Ticks biasanya terbawa ke dalam bangunan oleh hewan peliharaan. Akan tetapi, hanya spesies tick anjing coklat yang mampu hidup dalam ruangan.

kutu anjing (tick)
                                                                kutu anjing (tick) (trendingbreeds.com)

Halaman, semak, lapangan, dan kayu-kayuan. Di dalam rumah, ticks mungkin ditemukan pada kotoran, di belakang baseboard, kerangka, kusen pintu dan jendela, juga di dalam bagian-bagian retak pada lantai. Ticks juga bersarang pada alas tidur hewan peliharaan.

Pengendalian Kutu Anjing (Tick)

Dalam Ruangan

Area yang perlu diperhatikan adalah area di belakang figura gambar, di belakang mebel, tempat tidur, laci-laci dan lain-lain.

  • Alas tidur hewan peliharaan yang sudah usang harus dibuang dan diganti dengan alas tidur yang bersih dan baru. Hewan peliharaan harus dibawa ke dokter hewan oleh pemilik pada saat yang sama bangunan tersebut ditreatment.
  • Untuk mengurangi kemungkinan infestasi ulang, hewan peliharaan seharusnya tidak dibiarkan bermain di lingkungan sekitar atau dalam area-area yang sering dimasuki hewan peliharaan lain.

Luar Ruangan

Perhatian khusus perlu diberikan di sekitar semak-semak, kandang anjing, kalung nama anjing, rumput-rumputan yang tinggi dan pondasi bangunan.

  • Rekomendasikan customer untuk menyiangi gulma dan memotong rumput agar mengurangi perkembangan American dog tick. Aplikasi dalam area taman dan rekreasi (dimana kutu ini berkumpul di sepanjang jalan trotoar dan jalan setapak) mungkin terbatas pada area selebar beberapa kaki di sepanjang jalan setapak ini.
  • Jika memungkinkan penggunaan bahan kimia, gunakan bahan kimia yang residual seperti CS atau WP.

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!